Pages

Selasa, 20 Desember 2016

Trip to Baluran

Assalamualaikum ●ᴥ●
Alhamdulillah tanggal 5-6 November kemarin aku berkesempatan berkunjung ke Taman Nasional Baluran di Banyuwangi, Jawa Timur. Ini merupakan kali pertama aku berkunjung kesana. Tapi tidak hanya berkunjung aku (dan teman-temanku) melakukan pengamatan terhadap satwa dan segala sesuatu yang ada di sana, baik jejak kaki, feses, bulu, dan lain-lain.

Tetapi, jangan kaget kalau dari jalan raya sampai masuk ke Bekol (titik kumpul bagi pengunjung) kita harus melewati jalan yang MasyaAllah super berbatu, terjal, dan berdebu. But, it's ok because Baluran serve our eyes with amazing flora and fauna :')
Sampailah kita ke tempat yang dituju, yaitu Bekol. Kemudian kita tracking mengelilingi Taman Nasional Baluran didampingi oleh drh. Dyah. Dari mengidentifikasi tulang belulang, feses, bulu, jejak, behaviour, maupun perilaku khusus hewan yang ada di Taman Nasional Baluran. Fyi, satwa liar endemik di Taman Nasional Baluran antara lain banteng, kerbau liar, ajax, rusa, berbagai jenis monyet, merak, ayam hutan, dan berbagai jenis burung.



Ohya, ini waktunya istirahat. Drh Dyah memilihkan tempat yang sekiranya tidak ada monyet


Beruntungnya kita bertemu sekawanan rusa saat berada di hutan akasia :)


Nah, kalau ini kelompok yang lain sedang mengamati habitat burung

Setelah itu, lanjut menuju Pantai Bama. Btw disini banyak monyet ganas. Jadi apabila kalian membawa makanan jangan diperlihatkan, bahkan kalau perlu jangan dikeluarkan dari dalam tas :<

Last but not least, pose kita para mahasiswa tua semester 5 yang tingkahnya seperti anak TK :D

Ada beberapa tips dariku bagi kalian yang ingin mengunjungi Taman Nasional Baluran atau Taman Nasional yang lain:
1. Jangan salah kostum. Hal ini cukup penting, karena menjelajahi Taman Nasional yang medannya tidak kita ketahui, jadi gunakan pakaian senyaman mungkin. Serta jangan gunakan pakaian dengan warna mencolok. Karena akan mengganggu satwa yang ada, bahkan mungkin saja bisa didatangi oleh satwa tersebut karena warna pakaian kita yang mengundang perhatian.
2. Bawalah perlengkapan pelindung. Berjaga-jaga membawa topi untuk melindungi wajah dari sinar matahari atau sesuatu yang jatuh dari atas (seperti kotoran burung, serangga atau hewan kecil). Gunakan sepatu yang nyaman dan kuat karena akan melakukan tracking dalam waktu yang cukup lama.
3. Gunakan sunblock. Karena melakukan aktivitas outdoor di siang hari, jadi memakai sunblock adalah penting untuk menghindari sunburn (serta mencegah terjadinya kanker kulit).
4. Bawalah barang secukupnya. Kalian tidak mau kan apabila para monyet "merampok" barang-barang kalian? Oleh karena itu bawalah barang secukupnya dan sekiranya yang dibutuhkan pada saat tracking.

Cukup sekian review singkat perjalananku ke Taman Nasional Baluran, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar