Pages

Selasa, 04 Oktober 2016

Jadi Mahasiswa itu Gimana Sih?

Assalamu'alaikum ●ᴥ●
Hai! Kali ini aku akan menulis tentang pengalamanku menjadi "MAHASISWA". Banyak yang berkata, mahasiswa itu maha-nya para siswa, tingkatan tertinggi siswa, beserta banyak sebutan-sebutan lainnya. Banyak yang berkata bahwa menjadi mahasiswa itu menyenangkan..
"Bisa bebas kemanapun tanpa takut ditegur orang tua!"
"Bisa makan di luar sepuasnya, nggak bakal dimarahin ibu"
"Bisa ngerasain hidup sendirian di kost tanpa orang tua"
Yap! Semuanya memang benar, terutama bagi mahasiswa yang kos. Tapi tahu tidak, bahwa semua kenikmatan yang akan kamu dapatkan saat jadi mahasiswa tidak selalu hal yang menyenangkan?
1. Jarang Bertemu Orang Tua
Para anak mami papi (termasuk aku) pasti tidak kuat dengan yang satu ini. Tadinya tidak pernah terpisah sama orang tua, tiba- tiba harus tinggal jauh tanpa orang tua dan bertemu dengan orang baru. Jujur, dulu satu minggu nge-kost kerjaanku setelah magrib cuma bisa nangis :'(. You know lah pasti yang pernah ngerasain. Nah, bagi yang masih tinggal bareng sama orang tua, manfaatkan tuh kebersamaan bareng ortu, quality time, makan bersama, atau hal yang paling sederhana yaitu curhat ke orang tua.

2. Harus Mengatur Keuangan Seorang Diri
Nah, tahu nggak alasan anak kost pada ngirit dan jarang makan? Ini dia jawabannya. Kebanyakan mahasiswa uang kirimannya dijatah, entah per minggu atau per bulan. Bisa bayangin dengan jumlah uang yang dikasih ortu kemudian dipakai buat bayar kos, makan sehari-hari, bayar buku, iuran organisasi, kebutuhan pribadi, blablablabla... Yaaa kalau bisa, uang yang pas-pasan (harus) cukup buat biaya hidup kamu, alhamdulillah lagi kalau bisa menabung :)

3. Tidak Bisa Curhat ke Orang Tua
Sebenernya ini tergantung sih. But I think ketika kita udah memasuki usia diatas 20 tahun, setidaknya kita bisa menghadapi masalah yang kita alami dan dapat menyelesaikan masalah itu. Karena kalau kita curhat suatu masalah ke ortu, pasti tujuannya supaya dapat solusi dari masalah tersebut. Dengan bercerita masalah kita ke orang tua, mereka akan terbebani dengan masalah kita, membuat orang tua kita tidak tenang dan khawatir dengan kita.

4. Beban Moral dan Materiil
Kuliah itu butuh biaya besar ya? Nggak sedikit pula. Kalau kita kuliah malas-malasan, atau IPK kurang memuaskan jadi kecewa gimana gitu. Nah, jadi mahasiswa pasti pernah mengalami hal ini. Harus jadi yang terbaik as you can but in the other side kebutuhan biaya yang nggak sedikit jadi beban tersendiri bagi mahasiswa.
Nah, jadi mahasiswa bukan hal yang gampang kan? Jadi, para siswa SMA yang akan memasuki dunia perkuliahan, siapkah kamu jadi MAHASISWA?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar