Pages

Kamis, 07 Juli 2016

Survey ke Bali

Assalamu'alaikum ●ᴥ●

Akhirnya setelah sekian lama nggak nge-blog (maapkeeun), akhirnya nulis lagiii (yay!). Pengen ganti konsep, tapi takut nggak konsisten. Akhirnya dengan konsep yang sama (curhat colongan) tapi dengan isi yang lebih berbobot. Dan akhirnya semua postingan di masa lalu aku hapus. Happy new blog!! Ohya sebelumnya aku mau ngucapin, SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITRI 1437 HIJRIYAH :)

By the way, awal bulan Juni kemarin aku dan temen-temenku satu divisi Equine Care (jadi ceritanya Equine Care itu berisi orang-orang yang care sama kuda) mengadakan survey ke Bali, yang konon katanya disana banyak stable kuda (read: peternakan kuda). Nah, berangkatlah Imas, mas Reza, dan dek Anjani ke Bali dengan naik motor. Walaupun hanya bermodalkan Google Maps (thanks Google <3), akhirnya kita sampai di tempat yang dituju. Agak kaget juga sih, soalnya stable disana diluar perkiraan (I think it's not worthy banget). Tapi dengan pemilik yang terbuka, kita jadi trenyuh gitu dan mengiyakan untuk mengadakan proker divisi kita disana. Ditambah ada 1 stable, namanya Kuda P yang kebanyakan menerima kuda delman yang sakit dan kuda resque dan pemilik sebelumnya udah nggak mau merawat. I guess that stable more 'animal welfare' than zoo <3.

Kurang rasanya kalau ke Bali tapi nggak ke pantai. Akhirnya kita ke Tanah Lot (yay, first time for me) setelah survey selesai. Tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 10.000, kalau untuk wisatawan asing lebih mahal. Sesampainya di pantai, sumpah rame banget! Wisatawan asing dari kulit hitam sampai kulit putih ada semua. Kalau aku lihat kebanyakan wisatawan asing dari India dan Asia Timur (kayak Jepang, Korea, dan Cina).

Malamnya kita nginep di Bed Bunker Ubud Bali. Biaya semalam per orang Rp 50.000. Kenapa murah? Karena kita pesan di websitenya. Fasilitasnya kamar tidur buat 1 orang (yaiyalah-_-) dan kamar mandi shower dengan air dingin dan hangat.

Besoknya sarapan di McD (karena hampir 6 bulan nggak makan), terus cuss ke Pasar Seni Sukawati. Dengan bermodalkan Googel Maps (lagi) akhirnya sampai dengan waktu 1,5 - 2 jam. It was first time for me dan kita ngantar Anjani buat beli lukisan titipan papahnya. Disana banyak banget lukisan berharga murah (karena bisa ditawar), tapi nggak murahan. Aku cuma beli tanktop owl karena lagi ngirit. Habis itu lanjut ke kota buat cari makan siang. Dan kita makan di (drumroll) Ayam Betutu Gilimanuk yang terkenal enak dan halal. Satu porsi ingkung ayam betutu (ayam utuh) dan sayur serta sambal matah, nasi, dan es teh buat 3 orang cuma habis kurang dari Rp 200.000. Tapi karena aku lagi bokek, it's 'something' banget T_T. Tapi nggak papa lah, kapan lagi makan ayam betutu (innocent face).

Habis itu kita pulang ke Banyuwangi. Tenang aja, walaupun naik motor dan cukup melelahkan, kita disuguhi pemandangan laut yang luar biasa Subhanallah (karena ombaknya gede cuy) dan Taman Nasional Bali Barat. Nah lucunya, saat kita lewat Taman Nasional, banyak kera yang 'nonkrong' di pinggir jalan, bahkan ada yang kawin, sumpah kita ngakak nggak jelas habis lihat kejadian itu, wkwkwk.

Nah ada beberapa tips bagi kalian yang memiliki rencana atau akan holiday ke Bali:
1. Pastikan bugdet yang dibawa cukup. Soalnya setiap kota memiliki nilai uang yang berbeda. Satu porsi nasi padang pakai rendang di Banyuwangi Rp 15.000, nah di Bali kemaren pas aku kesana Rp 25.000 :(
2. Bagi kalian yang beragama Islam, harus hati-hati saat membeli makanan. You know lah kalau di Bali kayak gimana makanannya. Pastikan makanan yang kamu beli halal dan aman. Kalo aku daripada ragu, mending beli fast food kayak McD, KFC, dll. Atau... cari tempat makan yang udah terkenal halal.
3. Jangan percaya begitu aja sama GPS. Mending lihat petunjuk, soalnya kemarin pengalaman lewat jalur tercepat (nggak di kota sih posisinya..), ternyata hanya jalan setapak dari tanah yang hanya muat satu motor. Tapi akhirnya nyampe juga :). Ada juga pengalaman lewat suatu jalur, eh ternyata nyampenya di pintu gerbang rumah orang alias buntu. Padahal kalo di GPS tembus, setelah diintip ternyata rumah :(

Hope I can visit again (with more budget). See you soon!